Sentra HaKI
» halaman depan
lihat situs sponsor
ARTIKEL HaKI REGULASI KEGIATAN
SITUS FORUM e-DATA KONTAK

Kamis, 19 Oktober 2017  
 
 

Artikel-artikel populer :
» daftar artikel

Rendah, Kesadaran HaKi di PT
lia

Kesadaran Perguruan Tinggi (PT) akan pentingnya HaKI (hak atas kekayaan intelektual) sangat rendah. Buktinya, banyak sekali inovasi-inovasi di kampus yang dibiarkan saja tanpa diuruskan HaKI-nya.

Kesimpulan itu mengemuka dalam sosialisasi HaKI di Universitas Negeri Malang (UM) kemarin. Hadir dalam acara tersebut Ketua Tim Pakar Pengembangan HKI-PT Ditjen Dikti-Depdiknas Dr Ir Suprapto Dipl. Ing.

"Proteksi karya perguruan tinggi sangat penting. Apalagi untuk mengantisipasi penjiplakan atas kekayaan intelektual. Untuk itu, kampus harus segera menggiatkan penelitian terbaru, baik bagi kalangan dosen maupun mahasiswa," ujar manager HaKI dan promosi ITS ini.

Menurut Suprapto, umumnya para dosen dan mahasiswa kurang mengetahui jalur untuk mendaftarkan HaKI. Padahal, sebenarnya, ada sejumlah kampus yang telah memiliki sentra HaKI yang dapat membantu pengurusan HaKI.

Ada dua sumber dana yang disediakan pemerintah untuk pengurusan HaKI. Yakni, dana uber HaKI dari dikti dan dari Kementerian Ristek. "Bayangkan, pada 2004 hanya 32 proposal saja yang masuk ke Dikti. Sementara itu pada Ristek hanya tiga buah proposal saja. Ini kan sangat memprihatinkan. Padahal 2005 ini pemerintah memberikan kesempatan 40 proposal," ujar pria bertubuh tambun ini.

Sementara itu, menurut Ketua Pusat Penelitian Teknologi dan Industri Lemlit UM Prof Dr Ir H Djoko Kustono MPd, kini UM tengah siap dengan tiga proposal penelitian pada 2005 ini. "Memang, pada tahun lalu UM hanya mengirimkan satu proposal saja. Sehingga, dalam sosialisasi ini, kami akan mengajak kepada para dosen untuk segera mengirimkan proposalnya kepada dikti maupun ristek," ujarnya.

Sumber : Jawa Pos (2 Maret 2005)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 22 Maret 2005

 
LIPI

MAILING-LIST

daftar keluar




BERITAHU TEMAN



 
  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
 
AKSES PENGELOLA

  username :
 
  password :
 

 
 
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI