Sentra HaKI
» halaman depan
lihat situs sponsor
ARTIKEL HaKI REGULASI KEGIATAN
SITUS FORUM e-DATA KONTAK

Selasa, 27 Juni 2017  
 
 

Hak atas Kekayaan Ilmiah :
» daftar fenomena

Delapan Temuan Baru Dosen UHT
red

SURABAYA--Dosen Teknik Sistem Perkapalan Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya, Ir Bimo Darmadi Prodjosoewito telah mematenkan delapan kali karyanya selama kurun waktu setahun. Hasil karya yang diciptakanya sudah dikirimkan ke program Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) yang diprakarsai Menristek, Hatta Rajasa.

"Temuan pertama dikirimkan pada April 2003 lalu. Di antaranya, berupa mesin pemotong krupuk tipe standar, pengatur arah arus laut, kopling poros eksentrik tanpa spi dan ponton selvage (membantu mengangkat dalam air)," kata Bimo kepada Republika di kantornya, kemarin (16/2).

Menurutnya, hasil temuan ini pernah diuji coba untuk mengangkat kapal tenggelam di Masalembu yang mempunyai bobot 600 ton. Dengan alat temuan tersebut kapal bisa terangkat. Kemudian temuan kedua dikirimkan Oktober 2003 berupa sistem pondasi untuk menara, generator kincir angin mobile, pisau hiperbola dan kincir angin untuk tambak udang.

Dari temuan itu, lanjut dia, langsung diturunkan hak patennya. Karena itu ia berharap kepada semua masyarakat luas, agar giat melakukan penemuan-penemuan baru. Ini, karena pemerintah telah menyediakan dana bagi mereka yang benar-benar mau melakukan penelitian. "Setiap penelitian saya mendapat dana bantuan sebesar Rp 5 juta per judul. Saya merasa bangga bisa mewujudkannya," komentar kepala laboratorium teknik UHT ini.

Menurut dia, selama ini ternyata banyak karya-karya anak bangsa Indonesia yang mendapat pengakuan negara lain. Misalnya, temuan tempe yang mendapat pengakuan dari Jepang, batik yang mendapat pengakuan dari Malaysia dan rancangan kursi rotan yang diakui Basten.

Dia mengingatkan agar masyarakat yang berhasil melahirkan temuannya segera dipatenkan. Karena dalam pengurusan hak paten tersebut tidak perlu direpotkan oleh dana. Sedang pengurusannya tidak perlu ke Jakarta, karena di Jatim sendiri sudah ada perwakilan Sentra HAKI. Yakni di ITS, Ubaya, dan PT PAL Indonesia.

Sumber : Republika (17 Februari 2004)

» kirim ke teman
» versi cetak
revisi terakhir : 8 Januari 2005

 
LIPI

MAILING-LIST

daftar keluar




BERITAHU TEMAN



 
  » Penghargaan
  » Cara link
  » Mengenai kami
 
AKSES PENGELOLA

  username :
 
  password :
 

 
 
  Dikelola oleh TGJ LIPI Hak Cipta © 2000-2017 LIPI